Langsung ke konten utama

Manfaat kunyit untuk Kecantikan

Manfaat kunyit untuk kecantikan memang sangat banyak sekali, manfaatkan lah untuk meningkatkan fungsi tubuh dan kesehatan kita. Cara penggunaannya dapat dilakukan dengan berbagai hal seperti dalam bumbu masakan, bubuk, direbus, atau dimakan langsung jika bisa. Hampir seluruh penelitian melaporkan bahwa senyawa curcumin dalam kunyit adalah zat yang paling efektif bekerja dibandingkan senyawa lainnya. Kunyit merupakan rempah tropis yang banyak digunakan pada masakan dan pengobatan herbal di Asia sejak ratusan tahun lalu.
Untuk mendapatkan efek anti penuaan dari kunyit, buatlah masker yang terbuat dari 2 sendok makan bubuk kunyit, 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan susu, dan 1 sendok makan jus tomat. Pakailah masker tersebut di wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit kemudian basuh wajah dengan air dingin.
Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan
  • Menghilangkan Noda bekas jerawat
  • Membuat kulit menjadi lebis halus
  • Bisa membuat kulit terlihat lebih kencang dan awet muda
  • Mengobati kulit berminyak karena bisa mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit
  • Mengobati Jerawat
  • Menyamarkan kerutan
  • Bisa dijadikan sebagai pewarna rambut yang alami
  • Mencegah terjadinya penuaan dini
  • Mengurangi bulu pada kulit
  • Mengatasi Rambut Rontok
  • Membantu mengangkat sel – sel kulit mati
  • Mengatasi rambut berketombe
  • Bisa menghaluskan kulit tumit dan siku
  • Melembabkan kulit yang kering
  • Membuat kulit gelap menjadi lebih cerah dan putih.

Manfaat kunyit untuk Kecantikan
sumber poto dari http://cantiksehatgue.blogspot.com
Pengobatan Jerawat 
Masker wajah kunyit tidak hanya akan membantu untuk membersihkan bekas jerawat dan peradangan, tetapi juga akan mengurangi sekresi minyak oleh kelenjar sebaceous. Anda dapat membuat paket masker wajah, dengan cara  mencampur bubuk kunyit, bubuk cendana dan menambahkan jus lemon. Oleskan pada wajah selama 10 menit,  dan bilas dengan air hangat. Untuk menghilangkan bekas jerawat, oleskan campuran kunyit dan air biasa pada area tanda bekas jerawat selama 15 menit .

Masker wajah untuk Kulit Berminyak : Kunyit bermanfaat untuk kulit berminyak,  karena mengatur produksi sebum (zat berminyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous). Kayu cendana akan bertindak sebagai astringent, dan jus jeruk sebagai sumber vitamin C, akan membantu untuk membersihkan noda-noda pada wajah. Untuk kulit berminyak, buatlah pasta dengan mencampurkan 1 ½ sendok makan bubuk cendana,  sejumput kunyit, dan 3 sendok makan jus jeruk dan menerapkannya pada wajah. Biarkan dulu selama 10 sampai 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Masker Wajah untuk Kulit Kering : Jika Anda memiliki kulit kering, Anda bisa membuat masker wajah dengan menggabungkan 1 butir telur yang diambil putihnya saja, 2 tetes minyak zaitun, jus lemon segar, air mawar dan sejumput bububk kunyit. Hal ini dapat diterapkan untuk semua bagian kulit kering, seperti wajah, leher, siku dan lutut. Biarkan hingga kering sepenuhnya, dan kemudian bilas dengan air hangat.

Pengobatan Keriput 
Anda dapat mempersiapkan paket masker wajah dengan mencampur bubuk kunyit, tepung beras, susu mentah dan jus tomat . Terapkan masker pada wajah dan leher selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Hal ini akan mengurangi keriput serta mencerahkan kulit Anda. Jika Anda memiliki lingkaran hitam pada mata, Anda juga dapat menambahkan sejumput bubuk kunyit untuk 2 sendok makan buttermilk. Terapkan di sekitar mata Anda selama 20 menit, kemudian bilas menggunakan air dingin. Ini adalah cara efektif untuk menghilangkan kerutan serta lingkaran hitam pada mata.

Mengurangi Tanda Penuaan : Kunyit dapat membantu menghilangkan tanda-tanda penuaan, karena ia merupakan agen pengelupasan terbaik. Anda dapat membuat pasta dengan mencampurkan tepung besan (kacang arab) dan kunyit bubuk dalam proporsi yang sama dengan air. Pasta ini juga dapat ditambahkan susu mentah atau bahkan yoghurt. Oleskan secara merata pada tubuh Anda,  dan biarkan hingga kering. Bilas dengan air hangat,  dan gosok wajah Anda dengan lembut dalam gerakan melingkar. 

Pengobatan Stretch Marks (garis putih pada kulit) : Kunyit juga dapat membantu meringankan stretch mark. Untuk tujuan ini, oleskan campuran tepung besan dan kunyit dengan yoghurt / susu mentah / air pada stretch mark . 

Mengurangi Pigmentasi dan Tanning kulit: Untuk menghilangkan tan kulit dan pigmentasi, oleskan campuran bubuk kunyit yang dicampur dengan jus lemon atau jus mentimun pada daerah yang terkena selama 20-30 menit, kemudian bilas dengan air biasa. Hal ini harus dilakukan secara teratur untuk memperoleh hasil yang maksimal. 

Menghilangkan rambut pada wajah : Anda dapat membuat scrub wajah dengan mencampur kasturi kunyit dan tepung kacang. Mengoleskan campuran ini di wajah Anda dapat menghambat pertumbuhan rambut wajah. Lakukan ini secara konsisten selama sekitar satu bulan,  untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. 

Pengobatan kaki pecah-pecah : Kunyitmengandung agen penyembuhan yang sangat baik, terutama untuk menanggulangi tumit retak-retak atau pecah-pecah Campurkan 3 sendok kunyit dengan beberapa tetes air kelapa atau minyak jarak pada tumit selama 10 sampai 15 menit sebelum mandi. Lakukan hal ini secara teratur, dan akan menghaluskan tumit Anda kembali. 

Krim wajah  malam: Anda dapat menggunakan pasta yang terbuat dari campuran kunyit, susu atau yoghurt pada wajah Anda. Biarkan masker untuk semalaman, dan bilas pada keesokan harinya dengan menggunakan pembersih wajah ringan. Atau , Anda juga dapat menambahkan sejumput kunyit kedalam pelembab Anda,  dan membersihkannya pada keesokan harinya. Hal ini harus dilakukan dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang baik, kulit sehat dan terlihat lebih muda. 

Pengobatan untuk Kondisi Kulit : Kunyit adalah antiseptik alami. Campuran kunyit dan susu efektif mengobati kondisi kulit, seperti poison ivy, eksim dan psoriasis. Eksim adalah kondisi kulit yang cukup gatal dan menyakitkan, yang  ditandai dengan bercak merah dan bersisik pada kulit. Penerapan topikal campuran kasturi kunyit dan susu bisa menenangkan kulit serta mengurangi kemerahan dan peradangan. 

Menghilangkan Sel kulit Mati : Buat pasta dengan mencampurkan tepung besan, tepung kunyit dan air, kemudian menerapkannya pada tubuh Anda. Scrub lembut sambil mandi. Melakukan ini secara teratur dapat menghilangkan sel-sel kulit mati, agar kulit cerah dan bersih. Menerapkan campuran bubuk kunyit dan susu pada wajah dan bibir akan membantu membersihkan wajah , serta menyembuhan bibir kering dan pecah-pecah .

Sumber dari manfaat dan carakhasiatmanfaat.com

Komentar