Langsung ke konten utama

Penting ! Manfaat Pijat Bayi

Pijat Bayi melibatkan skin to skin contact, maka tak salah kalau kegiatan ini dianggap sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Sebaiknya bayi dipijat oleh orang yang sangat dekat misalnya ayah atau ibu, bukan oleh orang asing. Selain itu, pijat bayi hanya boleh dilakukan jika bayi mau, agar didapat manfaat pijat sebagai bahasa cinta sentuhan. Memijat bayi harus dilakukan dengan penuh kelembutan. Selagi memijatnya, Anda dapat mengajaknya berbicara atau bernyanyi agar si Kecil lebih menikmati masa-masa berdua dengan Anda. Pijat adalah istilah umum untuk kegiatan memberi tekanan pada anggota tubuh terutama otot, tendon, dan ligamen dengan teknik tertentu. Saat ini terapi pijat tersedia mulai dari tempat spa mahal hingga ke jasa tukang pijat tradisional yang dapat dipanggil ke rumah.


Penting ! Manfaat Pijat Bayi
Sumber : Tanjurherbal.com

Berikut berbagai manfaat yang diperoleh dari pijat bayi:
  • Menghilangkan rasa tak nyaman ketika? tubuh melepaskan oksitosin dan endofrin yaitu hormone-hormon pereda nyeri yang menyamankan bayi saat tumbuh gigi, kolik ataupun stress.
  • Stimulasi kulit akan membantu mempercepat myelinasi yaitu proses perbaikan system saraf di saat jaringan saraf tertutup lemak yang disebut myelin.
  • Melatih respon saraf karena dapat menyeimbangkan dua kondisi yang berbeda. Pijat bayi yang dapat menyebabkan stress pada bayi karena adanya tekanan-tekanan pada tubuh justru dapat menjadi pelatih respon saraf bayi karena adanya suara, sentuhan dan aroma tubuh orang tua yang akan membuat tubuh bayi relaks.
  • Memperbaiki kualitas tidur bayi, bayi tidur lebih lama dan lebih nyenyak setelah dipijat.
  • Dapat merangsang saraf vagus yaitu saraf yang memiliki banyak fungsi antara lain meningkatkan daya peristaltis yang dapat merangsang dan membantu system pencernaan.
  • Massa otot akan terbantu pertumbuhannya.
  • Mengajari bayi tentang nama-nama bagian tubuhnya. Saat sedang memijat, beritahu bayi nama anggota tubuhnya agar kesadaran bayi akan tubuhnya juga ikut terbangun.
Sumber : berbinarbinar.com
Persiapan Sebelum Memijat BayiPastikan Anda menyediakan ruangan bersuhu hangat, dengan suasana tenang dan membuatnya nyaman. Lalu siapkan segala perangkat yang Anda butuhkan saat memijat bayi seperti handuk atau tatakan untuk alas bayi, minyak untuk menggosok. (disarankan memakai baby oil atau minyak zaitun), pakaian bersih, dan popok. 
Mulailah Beraksi!Setelah semua peralatan siap dan kondisi bayi memungkinkan untuk dipijat, Anda bisa mempraktikkan pijat bayi yang dimulai dari: 
Tungkai. Mulailah memberi pijatan dari tungkai atau pangkal paha hingga ke bawah. Area ini dianggap kurang sensitif sehingga bagus untuk memulai sebuah pijatan. Tuang sedikit minyak ke telapak tangan, lalu gosok-gosok hingga terasa hangat di tangan Anda. Setelah itu mulai pijat lembut bagian paha ke arah bawah dan turun ke area betis. 
Setelahnya Anda bisa mulai memijat punggung kakinya dengan gerakan memutar. Anda dapat memberi sedikit usapan saat memijat bagian pergelangan kaki sampai ke jari kaki. Kemudian beralihlah ke bagian telapak kakinya. Gunakan ibu jari Anda saat memijat area ini.
Terakhir, Anda bisa memijat jari-jemarinya. Ambil tiap jari memakai ibu jari dan jari telunjuk Anda, lalu tarik dengan lembut. Lakukan pada kesepuluh jarinya. 
Lengan. Usai memijat bagian tungkai, beralihlah ke bagian lengan. Mulai pijatan dari lengan bagian atas hingga ke pergelangan tangannya. Sesampainya di pergelangan tangan, putar lembut bagian ini beberapa kali. Lalu pijat telapak tangannya memakai ibu jari Anda. Akhiri sesi ini dengan memijat lembut jari-jemarinya. 
Dada. Letakkan kedua tangan Anda di atas jantung si Kecil. Lalu pijat lembut ke arah luar dan tekan lembut dadanya dengan telapak tangan Anda. Ulangi gerakan ini beberapa kali. Kemudian, letakkan satu tangan Anda di bagian atas dadanya, lalu pijat lembut ke arah paha. 
Punggung. Posisikan si Kecil dalam keadaan tengkurap, kemudian pijat area tulang belakang leher hingga bokong memakai ujung jari Anda. Akhiri pijat bayi ini dengan pijatan panjang dari bahu hingga kakinya. Setelah itu, Anda bisa memakaikan popok dan baju serta memeluknya. Usai dipijat, si Kecil mungkin akan terlelap dengan cepat.[Sumber : alodokter.com/]

Komentar